Skip to main content

Bagaimana Mendapatkan Akun Springerlink yang Dilanggan Untirta

Bagi civitas akademika, kebutuhan sumber berbasis digital seperti e-journal dan e-book tidak bisa dielakkan. Sumber-sumber ini bisa didapatkan melalui internet, baik berbayar maupun tidak. Nah, Admin Web IP Untirta mempersembahkan  panduan untuk mendapatkan akses ke springer link salah satu database jurnal internasional bagi civitas akademika Untirta. Untirta sudah membayar mahal untuk langganan lho, sayang kalau tidak dimanfaatkan. Begini caranya:

  1. Pastikan laptop atau komputer anda tersambung dengan jaringan internet Untirta, baik kabel (LAN) maupun Wifi. Harus jaringan Untirta, jaringan luar seperti wifi.id tidak bisa untuk melakukan registrasi.
  2. Buka link.springer.com. Perhatikan, warna sebelah gambar buku masih berwarna orange. Itu tandanya kita masih belum teregistrasi.
  3. Klik login/signup.
  4. Scroll bawah (Don’t have an account) isi form yang harus diisi, dan klik create account
  5. Setelah itu akan ada notifikasi berhasil
  6. Nah setelah itu akan masuk ke halaman yang sudah teregistrasi, ada logo Untirta di kanan atas dan ada warna di sebelah buku yang berubah menjadi ungu.
  7. Tinggal melakukan search, katakanlah mencari sumber tentang “local government”
  8.  Lakukan un-thick tulisan “Include Preview-Only content”
  9. Nah yang muncul hanya yang betul-betul full-text. Kita pilih salah satu. Nah ini dia
  10. Setelah melakukan registrasi ini. Anda bisa melakukan login dan melakukan pencarian dan download jurnal yang anda butuhkan di mana saja, tidak harus lagi di jaringan Untirta.

Selamat mencoba

@AH

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *